RSS

70 Tahun Indonesia

Tak terasa kini kau telah memasuki usia senja.

Usia dimana, raga sudah tak terasa, jiwa tak terarah. Hanya tinggal semangat mungkin yang masih membara.

Iyaa.

Semangat.

Satu-satunya hal mungkin yang membuat kau bertahan hingga sejauh ini. Di tengah terpaan bertubi-tubi dari luar yang menginginkan kau hancur lebur dan menyerahkan seluruh kekayaan yang kau punya. Maupun dari dalam yang menggerogoti dirimu secara perlahan dengan berbagai macam cara yang intinya hanya satu. Iyaa, mengeruk semua kekayaan yang kau punya.

Cita-cita mulia kau yang ingin memajukan kesejahteraan umum serta mencerdaskan kehidupan bangsa seakan menjadi pelecut semangat kau masih berdiri kokoh di sini dalam berbagai permalasahan yang ada.


Begitunya engkau sangat diagung-agungkan diberbagai pelosok nusantara, sampai beberapa kelompok merasa iri dan coba mengusik perdamaian di bumi mu. Namun, dengan semangat yang membara di dada, kami masih dapat mengibarkan kain lusuh merah putih mu di seantero tanah ini.


Perjuangan para pendahulu yang telah banyak mengorbankan harta, jiwa, raga, serta nyawa untuk menghadirkan kemerdekaan di Nusantara ini tak akan pernah luput dari ingatan kami. Betapa heroiknya kalian para pahlawan bangsa berjuang bersama mengusir penjajah untuk keluar dari sini seakan meninggalkan kesan mendalam setiap kami membuka dan membaca lembar per lembar buku bertemakan sejarah, namun rasa itu kemudian hilang begitu saja ketika kami dengan sadar mengotori, serta merusak alam-mu dengan tangan kami sendiri.

Betapa kami mengeluh setiap harus panas-panasan hormat kepada bendera merah-putih setiap senin pagi. Betapa kami membiarkan bendera itu berkibar di halaman rumah, sekolah, atau gedung-gedung instansi pemerintah lainnya dengan sangat lusuh dan memudar. 

Maafkan kami yang mungkin belum bisa dengan bangga terhadap kau.
Maafkan kami yang mungkin belum bisa merawat kau dengan baik di usia mu sekarang ini.
Maafkan kami untuk segala kesengajaan kami mengotori serta merusak alam-mu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar